Tambang Galian C Metatu Kecamatan Benjeng Gresik, Diduga Ilegal Tidak Kantongi Izin; Polres Gresik Wajib Tertibkan

Tambang Galian C Metatu Kecamatan Benjeng Gresik, Diduga Ilegal Tidak Kantongi Izin; Polres Gresik Wajib Tertibkan

Gresik,SuryaNews.net – Kegiatan Tambang Galian C diduga ilegal di wilayah Kabupaten Gresik,Jawa Timur Aktif beroperasi.lokasi tersebut di Desa Metatu Kecamatan Benjeng kabupaten Gresik, Senin 21/08/2023.

Terpantau di lahan persawahan lahan sawah tersebut di ambil oleh alat berat Excavator puluhan Dump Truk untuk mengangkut matrial stanbay.

Menurut keterangan warga setempat,lahan satunya yang mengelolah bapak M,satunya yang mengelola bapak B, ada dua penambang. tuturnya

Pelaku tambang saat di konfirmasi oleh awak media,melalui WhatsApp +62 822-3396-XXXX. ia mengatakan kegiatan itu saya hanya membantu warga situ aja mas,dikarenakan kekurangan air.saat di tanyakan perijinan. Ijin apa mas,saya hanya sekedar membantu. Ditanya mengenai matrial dijual pak,Belong jawab. Mana mana aja yang membutuhkan mas,saya ini masih cari lubang buangan juga.

B menambahkan, kegiatan itu sudah di ketahui oleh pihak Polres Gresik,Polda Jatim dan DLH.

Aktivis Lingkungan Hidup Jawa Timur DipaMaya S.H, menjelaskan saat di mintai penjelasan terkait penambangan.” Kegiatan penambangan apapun, wajib untuk berizin,tanpa alasan apapun. Menurutnya alasan dari bos pelaku tambang mengatasnamakan masyarakat itu tidak masuk akal atau tidak relevan. Negara kita sudah mengatur semuanya melalui UUD.

Adapun hukuman untuk para penambang ilegal sudah tercantum dalam Pasal 185 UU RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang perubahan UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Penambangan Mineral dan Batubara. Sedangkan ancaman hukumannya yakni maksimal lima tahun penjara.

“Tidak hanya pelaku galian C (tanpa izin resmi) yang bisa dipidana, tapi juga para penadah yang membeli hasil galian C ini. Karena apa, galian C inikan ilegal, otomatis barang yang dihasilkan juga ilegal. Sesuai dengan pasal 480 KUHP, barang yang dibeli atau disewa dari hasil kejahatan itu dapat dipidana,Tuturnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *