Jatim  

Lapor Pak! Penemuan Rokok Ilegal di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya

Lapor Pak! Penemuan Rokok Ilegal di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya

Surabaya, Suryanews.net – Tim investigasi dari media online RadarCNNnews.my.id berhasil menggagalkan upaya penyelundupan ribuan kotak rokok ilegal di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur. Kejadian ini terjadi pada Sabtu malam, 18 Mei 2024, sekitar pukul 22.00 WIB.

Penemuan ini bermula dari kecurigaan tim investigasi terhadap sebuah peti yang jatuh saat pengangkutan oleh armada minibus JNT Cargo. Ketika salah satu sopir melarang peti tersebut dibuka, kecurigaan tim semakin kuat. “Pak, jangan dibuka,” ujar sopir tersebut, seperti diungkapkan tim RadarCNNnews.my.id.

Akhirnya, tim investigasi memutuskan untuk membuka peti tersebut dan menemukan bahwa isinya adalah ribuan kotak rokok tanpa cukai, atau yang dikenal sebagai rokok ilegal. Penyelundupan ini diduga dilakukan dengan memanipulasi isi peti yang diklaim sebagai mesin, padahal sebenarnya berisi rokok tanpa cukai.

Direktur Media RadarCNNnews.my.id sekaligus anggota Ormas Laskar Merah Putih (LMP), Edy Prayitno, yang dikenal dengan sebutan Edy Macan, menjelaskan bahwa penindakan ini bermula dari kecurigaan terhadap peti yang jatuh saat pengangkutan. “Modusnya adalah mengklaim bahwa barang tersebut adalah mesin, namun ternyata isinya adalah rokok ilegal. Pengiriman dilakukan melalui jasa JNT Cargo,” ujarnya.

Rokok ilegal ini diduga akan diedarkan di wilayah Jawa Timur, khususnya Surabaya dan sekitarnya. Hingga kini, tim investigasi masih melakukan pemantauan intensif untuk menentukan jumlah pasti barang ilegal dan menghitung kerugian negara yang diakibatkan oleh penyelundupan ini.

“Kami akan melaporkan temuan ini ke institusi kepolisian untuk tindakan lebih lanjut,” tambah Edy. “Kami masih terus bekerja untuk mendapatkan data yang lebih lengkap mengenai jumlah barang dan total kerugian negara.”

Penemuan ini menunjukkan pentingnya kewaspadaan dan kerja sama antara media, ormas, dan pihak berwenang dalam mengungkap dan mencegah penyelundupan barang ilegal yang merugikan negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *