Lagi Lagi Mafia Solar BBM Bersubsidi Berkeliaran Dan Terciduk Di SPBU Benjeng, Gresik.

Lagi Lagi Mafia Solar BBM Bersubsidi Berkeliaran Dan Terciduk Di SPBU Benjeng, Gresik.

Gresik, Suryanews.net – Dugaan penyimpangan distribusi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar terjadi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Benjeng, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur, tepatnya di samping gapura Desa Dermo. Hasil pantauan Merah Putih pada Jumat malam, 5 Mei 2023, terdapat beberapa kendaraan yang hendak mengisi solar bersubsidi menggunakan truk box yang telah dimodifikasi belakangnya supaya bisa menampung solar dalam jumlah besar. Perkiraan, sekali isi, truk tersebut bisa menampung 1000 liter solar lebih.

Aksi pelaku komplotan solar ilegal ini dilakukan pada malam hari. Seperti pada Jumat malam kemarin, mereka mulai beraksi pukul 21.00 WIB. Ada mobil box jenis Izuzu warna putih berplat nomor polisi W 8649 DN.

Sebelum truk masuk ke SPBU, di sekitar lokasi terdapat beberapa orang yang mengamati guna memastikan di sekitar SPBU aman.

Setelah dipastikan aman, penjaga di sekitar SPBU tersebut menghubungi sopir truk untuk masuk ke SPBU. Bagi orang awam, sulit membedakan antara truk yang dimodifikasi bak belakangnya untuk menampung solar dengan truk muatan biasa. Karena tampak dari luar, tidak ada perbedaan yang mencolok. Hanya saja, saat pengisian solar dilakukan dalam jumlah banyak. Ada indikasi dalam praktik ilegal ini, keterlibatan operator SPBU tidak bisa dipungkiri.

Kendaraan lain yang tampak digunakan mengisi solar bersubsidi ialah truk bak terbuka jenis Colt Diesel. Dibelakangnya ditutup terpal, dan diduga ada beberapa kempu untuk penampungan solar bersubsidi saat pengisian solar di SPBU.

Kendaraan yang mengisi solar tersebut bergerak secara bergantian. Jarak waktu antara pengisian kendaraan pertama dengan kedua kurang lebih 3 jam.(Nita/tim)

Penulis: (Nita/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *