Ketua KPU: Logo Partai Baru Dipastikan Tidak Dicantumkan di Surat Suara Pilpres

Ketua KPU: Logo Partai Baru Dipastikan Tidak Dicantumkan di Surat Suara Pilpres

Jakarta, Suryanews.net – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari mengatakan partai politik (parpol) yang baru pertama kali ikut dalam Pemilu 2024 tidak akan ditampilkan logonya dalam desain surat suara pencoblosan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Dari 18 parpol peserta pemilu, empat di antaranya adalah partai baru yang ikut kontestasi Pemilu 2024. Keempat parpol tersebut ialah Partai Gelora, Ummat, PKN, dan Partai Buruh.

“Sehingga kalau parpol baru tentu konsekuensi belum dapat tanda gambar masuk ke dalam desain surat suara pemilu calon presiden cawapres karena bukan menjadi bagian,” kata Hasyim di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/10/2023).

Selain Tak Tampil di Surat Suara, Parpol Baru Juga Tidak Bisa Usung Capres-Cawapres

Hasyim menjelaskan hal itu sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum terkait syarat bagi parpol atau gabungan parpol mencalonkan pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Dijelaskan bahwa parpol yang dapat mencalonkan atau mendaftarkan pasangan calon presiden dan wakil presiden adalah parpol peserta Pemilu 2019 yang memenuhi syarat perolehan kursi di DPR RI minimal 20 persen. “Atau memperoleh 25 persen suara sah untuk pemilu DPR RI 2019 dan parpol tersebut menjadi peserta Pemilu 2024,” ucap Hasyim

Sehingga partai politik baru atau yang belum pernah memperoleh suara karena belum mengikuti tahapan pemilu sebelumnya tentu tidak dapat mengusulkan atau mendaftarkan pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Sesuai Kriteria, Aktivis ’98 Beri Mandat Anies-Muhaimin Tuntaskan Agenda Reformasi 1998

“Atau tidak dapat menjadi bagian desain surat suara pemilu presiden wakil presiden karena bukan menjadi bagian atau tidak dapat menjadi bagian yang dapat mengusulkan pasangan calon presiden dan wakil presiden pada 2024,” tutur dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *