Jatim  

Dua Jemaah Haji Embarkasi Surabaya Ditangkap Askar Usai Kedapatan Lakukan Perbuatan Ini

Dua Jemaah Haji Embarkasi Surabaya Ditangkap Askar Usai Kedapatan Lakukan Perbuatan Ini

Surabaya, Suryanews.net – Dua orang jemaah haji asal Embarkasi Surabaya sempat ditangkap oleh laskar atau polisi Arab Saudi pada Kamis (16/5/2024) sore. Pasalnya, mereka telah melanggar aturan berkerumun serta membentangkan spanduk.

“Tentang jemaah kita di Arab Saudi, pengalaman jemaah sempat ditangkap askar di Masjid Nabawi, ada larangan di Arab Saudi dan larangan membentangkan, mengibarkan bendera yang ada simbol,” kata Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya Abdul Haris di Asrama Haji, Senin (20/5/2024).

Beruntungnya, panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi Kementerian Agama (Kemenag) langsung melakukan negosiasi. Sehingga kedua jemaah bisa dibebaskan.

Meski demikian, Haris enggan membeberkan identitas dan dari kloter berapa jemaah haji yang sempat diamankan tersebut.

“Ya Alhamdulillah, berkat penanganan cepat tim PPIH di Arab Saudi, magrib sudah dibebaskan. Ada lah (Kloter berapa),” ujarnya.

Haris lalu mengimbau kepada jemaah haji, baik yang akan berangkat maupun sudah di Tanah Suci untuk tidak membawa peralatan yang dilarang oleh pemerintah Arab Saudi.

Seperti bendera atau spanduk yang membawa simbol-simbol.

“Bendera yang ada simbol tidak diperbolehkan. Spanduk dibentangkan,” tegasnya.

Selain itu, selama menjalankan rukun Islam kelima, Haris meminta jemaah haji untuk berhati-hati selama ibadah. Khususnya untuk kesehatan, karena kondisi di Arab Saudi sedang panas.

“Mendekati puncak haji di Padang Arafah itu harus hati-hati menjaga kesehatan, kebugaran dan tidak keluar hotel atau tenda,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *